KULTUR JARINGAN ANGGREK SKALA RUMAH TANGGA

 

Anggrek merupakan tanaman hias yang bunganya sangat indah. Anggrek telah dikenal manusia sejak 200 tahun lalu dan barulah sejak 50 tahun terakhir mulai dibudidayakan di Indonesia. Pusat tanaman anggrek di Eropa ialah Inggris, sedangkan di Asia ialah Muangthai. Di Indonesia sendiri anggrek banyak berada di Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera maupun di Papua.

LAB1

Bunga Anggrek memiliki nama latin Orchidaceae yang merupakan salah satu bunga yang memiliki jenis terbanyak. Habitat bunga ini tersebar luas dari daerah sirkumpolar sampai wilayah tropika basah, tetapi kebanyakan bunga ini hidup di daerah tropika.

Selengkapnya: KULTUR JARINGAN ANGGREK SKALA RUMAH TANGGA

Peningkatan Kualitas Buah dengan Teknik Okulasi Tanaman

 

Oleh :

Among Wibowo, SP, MMA

Penyuluh Pertanian Madya pada Dinas Pertanian dan Pangan Kota Magelang

 

ppl4

 

Sumber Gambar: dokumen pribadi

 

Banyak teknik yang dilakukan para petani untuk meningkatkan kualitas buah tanaman mereka, salah satunya adalah Okulasi. Okulasi (budding) adalah penggabungan dua bagian tanaman buah maupun tanaman hias yang berlainan sehingga menjadi satu kesatuan yang utuh dan tumbuh sebagai satu tanaman setelah terjadi regenerasi jaringan pada bekas luka sambungan atau tautannya.

Selengkapnya: Peningkatan Kualitas Buah dengan Teknik Okulasi...

MEMBUAT PUPUK ORGANIK DARI LIMBAH PERTANIAN DAN TERNAK

 

Oleh :

Among Wibowo, SP, MMA

Penyuluh Pertanian Madya pada Dinas Pertanian dan Pangan Kota Magelang

ppl3

 

   Sumber Gambar: dokumen pribadi

 

Akhir-akhir ini kecenderungan harga pupuk kimia kiat melambung tinggi, hal ini berimplikasi pada biaya cost produksi yang harus dikeluarkan petani semakin, hal ini menimbulkan kesulitan sendiri bagi petani untuk memperoleh pendapat yang layak bila biaya produksi tinggi sementara terkadang harga jual produk yang dihasilkan sering fluktuatif. Penggunaan pupuk kimia secara terus tanpa diimbangan dengan penggunaan pupuk organik akan memberikan efek yang ditimbulkan oleh sisa-sisa bahan ikutan pupuk kimia tersebut yang menyebabkan pencemaran bagi tanah. Tuntutan pasar mendorong produsen untuk mulai mengembangkan pertanian organik, disamping itu munculnya berbagai sertifikasi produksi yang bebas bahan kimia atau lebih trentnya produk pertanian organik.

Selengkapnya: MEMBUAT PUPUK ORGANIK DARI LIMBAH PERTANIAN DAN...

PETUNJUK LAPANGAN PENGENDALIAN HAMA WERENG COKLAT

 

Oleh :

Among Wibowo, SP, MMA

Penyuluh Pertanian Madya pada Dinas Pertanian dan Pangan Kota Magelang

ppl2


Sumber Gambar: Dokumen Pribadi

 

Wereng coklat (Nilaparvata lugens Stal.) merupakan hama dari golongan insekta yang sangat merugikan usaha tani padi. Serangan wereng coklat yang sangat berarti mengurangi hasil padi secara substansial, mengakibatkan kerugian di tingkat petani. Wereng menyerang pada smua stadia pertumbuhan padi dengan cara menghisap cairan tanaman. Populasi tinggi wereng coklat dapat menyebabkan daun berubah kuning oranye sebelum menjadi coklat dan mati. Kondisi ini disebut hopperburn, membunuh tanaman Wereng coklat juga dapat menularkan penyakit kerdil hampa dan kerdil rumput yang sampai saat ini tidak bisa diobati.

Selengkapnya: PETUNJUK LAPANGAN PENGENDALIAN HAMA WERENG COKLAT