HARI BURUH INTERNASIONAL (MAY DAY) 2020 KOTA MAGELANG

0 Comments

Sesuai Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2013 Tentang Penetapan Tanggal 1 Mei Sebagai Hari Libur Nasional, merupakan agenda rutin tahunan bagi para pekerja/buruh untuk memperingati kebangkitan dan melanjutkan perjuangan mereka dalam meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidupnya.

Peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) Kota Magelang tahun 2020 kali ini dilakukan di tengah mewabahnya Corona Viruses Disease 2019 atau Covid 19. Peringatan dilakukan dengan suasana berbeda, mengingat situasi dan kondisi saat ini akibat dampak wabah Covid 19. Sehingga para perwakilan pekerja/buruh yang tergabung dalam serikat pekerja memutuskan tidak ada perayaan serta tidak ada demonstrasi.

Pada peringatan hari buruh (May Day) saat ini fokusnya adalah mengambil hikmah dibalik May Day di tengah dampak mewabahnya Covid 19 yang mengakibatkan ratusan pekerja dirumahkan serta beberapa puluh pekerja ter PHK. Di tengah ketidakpastian ini, para pekerja yang tergabung dalam serikat pekerja berharap dengan peringatan May Day ini dapat memperkuat kebersamaan, persaudaraan, jiwa kebangsaan, alat pemersatu bangsa, dan meningkatkan ketahanan sosial dan bersatu untuk melawan Covid-19 dilandasi semangat perjuangan.

Peringatan May Day di Kota Magelang dilakukan dengan melakukan Bakti Sosial yang dilakukan kerja sama antara Pemerintah Kota Magelang, Polres Magelang Kota dan Kodim 0705 Magelang, dan dilaksanakan bersama dengan beberapa kketua dan anggota serikat pekerja antara lain SPSI, SPTI dan PBDI. Kegiatan Bakti Sosial ini dilakukan pada hari Jumat 1 Mei 2020 dengan membagi beberapa paket Sembako bagi warga tidak mampu dan bagi para pekerja yang ter PHK maupun dirumahkan terdampak Covid 19.

Menghadapi situasi sulit di tengah pandemi Covid-19,Walikota Magelang menegaskan pemerintah perlu bergandengan tangan dengan pengusaha dengan sebisa mungkin tidak melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) serta tetap membayarkan hak – hak mereka terutama Tunjangan Hari\ Raya yang sebentar lagi akan kita hadapi. Hal ini juga perlu dilakukan dengan serikat pekerja/serikat buruh (SP/SB) karena teman-teman pekerja merupakan pahlawan bagi keluarga dan pahlawan bagi perekonomian nasional.

Untuk mengatasi pandemi Covid-19, pemerintah Kota Magelang beserta instansi vertikal lainnya telah melaksanakan berbagai langkah dalam rangka memutus dan menghilangkan mewabahnya Covid 19, serta kegiatan-kegiatan lain yang diperuntukan bagi warga masyarakat kurang mampu dan terdampak Covid 19 serta langkah – langkah pemulihan ekonomi, keamanan, kesehatan, jaring dan pengaman sosial di Kota Magelang.

Kita semua, tak ada pilihan lain kecuali bergandengan tangan bahu membahu berjuang melawan wabah Covid 19 ini agar segera berakhir dan kembali kepada kondisi normal lagi. Dengan bergandengan tangan, Insya Allah kita bisa menang melawan Covid-19 dan semoga segera kembali kepada kondisi normal yang terus membaik. Jaga kesehatan, jaga jarak (psysical distancing), selalu cuci tangan dan pakai masker serta tetap stay di rumah…..

Selamat May Day 1 Mei 2020…. May Day Covid-19 go away.